Manajemen Administrasi Pendidikan Terhadap Delapan Standar Pendidikan Di Sekolah Guna Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan

Penulis

  • Budiarto STIT NU OKU Timur

Kata Kunci:

Manajemen, Delapan Standart Pendidikan, Kualitas Pendidikan

Abstrak

Manajemen administrasi pendidikan dalam dunia pendidikan direalisasikan dalam pengaturan ketertiban lembaga pendidikan dalam bidang kelayakan operasional, ditandai dengan administrasi pendidikan yang memenuhi syarat. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat tahapan manajemen administrasi pendidikan yang terdiri dari tahapan planning, organizing, actuating, dan controlling. Peningkatan kualitas melalui administrasi pendidikan dalam delapan standar pendidikan yang terdiri dari tahapan standar isi, standar proses, standar penilaian, standar kelulusan, standar pengelolaan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Tahapan planning terdapat perencanaan administrasi pendidikan dalam bidang analisis indikator administrasi pendidikan. Tahapan organizing terdapat pada pembagian tugas terhadap administrasi pendidikan yang direalisasikan oleh lembaga pendidikan melalui peraturan pemerintah dalam bidang pendidikan. Tahapan actuating memiliki tiga fase pelaksanaan yang terdiri dari penyusunan indikator administrasi, pelaksanaan konsep, dan pelaksanaan penilaian administrasi pendidikan. Controlling dalam manajemen administrasi pendidikan yang dilaksanakan dengan tahapan pengawasan secara berkala dalam penyusunan administrasi dan perlengkapan administrasi pendidikan. Tahapan manajemen yang digunakan berpengaruh pada peningkatan kualitas administrasi pendidikan di sekolah, yang digunakan dalam penilaian kualitas sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-13

Cara Mengutip

Budiarto, D. (2024). Manajemen Administrasi Pendidikan Terhadap Delapan Standar Pendidikan Di Sekolah Guna Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan. Alfath, 1(1). Diambil dari https://journal.stitnuokutimur.ac.id/index.php/alfath/article/view/1

Terbitan

Bagian

Volume 1 Nomor 1