Pengaruh Media Flash Card Terhadap Penguasaan Pembelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas II

Penulis

  • Istianatun STIT NU OKU Timur

Kata Kunci:

media pembelajaran flash card, pembelajaran Al Qur’an Hadits

Abstrak

Latar belakang pendidikan di MI sering kali menggunakan buku penunjang siswa dan buku paket dengan metode ceramah yang monoton, tanpa variasi, dan kurang memanfaatkan media untuk menjelaskan materi pelajaran. Kondisi ini dapat mengurangi minat siswa dalam pembelajaran karena kurangnya antusiasme, sehingga materi yang disampaikan tidak dipahami dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan media yang mampu menarik minat dan antusiasme siswa agar proses belajar dapat meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan antusiasme siswa serta membantu fokus dan pemahaman materi adalah media pembelajaran flash card. Flash card adalah kartu berisi materi pembelajaran dalam bentuk gambar, teks, atau simbol yang membantu siswa terkait dengan gambar tersebut. Flash card biasanya berukuran 8 x 12 cm, tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran flash card dapat meningkatkan minat siswa dan memperkuat daya ingat selama proses pembelajaran Al Qur’an Hadits, sehingga pengetahuan yang diajarkan dapat diserap dengan lebih baik.

Latar belakang pendidikan di MI sering kali menggunakan buku penunjang siswa dan buku paket dengan metode ceramah yang monoton, tanpa variasi, dan kurang memanfaatkan media untuk menjelaskan materi pelajaran. Kondisi ini dapat mengurangi minat siswa dalam pembelajaran karena kurangnya antusiasme, sehingga materi yang disampaikan tidak dipahami dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan media yang mampu menarik minat dan antusiasme siswa agar proses belajar dapat meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan antusiasme siswa serta membantu fokus dan pemahaman materi adalah media pembelajaran flash card. Flash card adalah kartu berisi materi pembelajaran dalam bentuk gambar, teks, atau simbol yang membantu siswa terkait dengan gambar tersebut. Flash card biasanya berukuran 8 x 12 cm, tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan kelas. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran flash card dapat meningkatkan minat siswa dan memperkuat daya ingat selama proses pembelajaran Al Qur’an Hadits, sehingga pengetahuan yang diajarkan dapat diserap dengan lebih baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-14

Cara Mengutip

Nafi’ah, I. (2024). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Penguasaan Pembelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas II. Alfath, 1(1). Diambil dari https://journal.stitnuokutimur.ac.id/index.php/alfath/article/view/10

Terbitan

Bagian

Volume 1 Nomor 1